Jalin Kerjasama MBKM dengan FMIPA UNRAM, FEB UTS Kirimkan 2 Mahasiswa untuk Pertukaran Pelajar

Pimpinan FEB UTS tandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) MBKM dengan pihak FMIPA UNRAM

SUMBAWA, UTS – Fakultas Ekonomi dan Bisnis(FEB)Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Kembali membuka kerja sama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kali ini, FEB menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Mataram (UNRAM), Senin, (2/08/2024).

Penandatangan ini diwakili langsung Dekan FEB UTS, Diah Anggeraini Hasri, S.Si.,M.Sc., dan Dekan FMIPA UNRAM, Dr. Rahadi Wirawan, S.Si., M.Si. Kerja Sama ini akan diimplementasikan dalam Program Pertukaran Mahasiswa. Saat ini, dua mahasiswa FEB UTS telah dikirimkan ke UNRAM untuk menempuh pendidikan hingga satu semester ke depan. Mereka adalah Tarysa Dewi Maharany dan Yuli Aprianti. Mahasiswi Program Studi Ilmu Aktuaria.

“Kerja sama ini giat kami buka semenjak beberapa bulan terakhir mengingat, sekarang mahasiswa kami sedang menjalankan program magang. Jadi tidak hanya di perguruan tinggi melainkan juga di DUDI maupun  instansi Pemerintah. Tapi untuk Perguruan tinggi, tentu kami punya motivasi tersendiri,” kata Diah Anggeraini.

Sebagaimana yang diinginkan Pemerintah dan dibutuhkan mahasiswa, kata Diah, Program Pertukaran Pelajar penting untuk dibuka. Ini adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh pendidikan di tempat, suasana, dan situasi yang berbeda. Sehingga, mereka memiliki kesempatan yang sama terhadap akses dan fasilitas pendidikan.

Lebih jauh, FEB UTS juga telah menjalin kerjasama MBKM pada program yang sama yakni dengan Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Jawa Timur. Penandatanganan kerja sama itu berlangsung pada Agustus kemarin. Saat ini, FEB masih dalam upaya menentukan mahasiswa yang akan mengikuti program pertukaran pelajar ke madiun.

“Perlu diingat, Program Pertukaran Pelajar ini juga merupakan implementasi Hibah Akselerasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi (AKPT) yang diterima oleh Program Studi Ilmu Aktuaria FEB. jadi kami secara berkelanjutan akan terus berupaya memfasilitasi/menunjang kebutuhan belajar mahasiswa kami,” terang Diah. (*)