Raih Akreditasi Baik Sekali dari LAMEMBA, Prodi Kewirausahaan FEB UTS: Sesuai Target

WhatsApp Image 2024-01-30 at 09.40.24

SUMBAWA, UTS – Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Itulah kalimat yang pantas disematkan pada Program Studi (Prodi) Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS).

Pada 19 Januari kemarin Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi (LAMEMBA) tetapkan Akreditasi Baik Sekali  bagi Prodi Kewirausahaan FEB UTS.

Capaian ini dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 980/DE/A.5/AR.10/I/2024.

“Tentunya ini adalah hasil kerja sama tim yang baik sebelum assessment dilakukan, dan ini adalah tanggung jawab baru bagi kita untuk menjaga standar mutu tersebut,” kata Fendy Maradita, S.E., M.M., Ketua Program Studi Kewirausahaan FEB UTS, Senin, (29/1/2024).

LAMEMBA melakukan assessment lapangan pada 7 Desember 2023. Dua Assesor yang terlibat adalah Dr. Noviaty Kresna Darmasetiawan, M.Si. dari Universitas Surabaya, dan Dr. I Wayan Widnyana, S.E., M.M. dari Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Ada 9 poin penilaian yang menjadi standar penetapan akreditasi ini. Beberapa di antaranya meliputi sarana dan prasarana, tenaga pengajar, penelitian, pengabdian masyarakat dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah kami memenuhi semua kriteria dan sesuai dengan yang kami targetkan. Kami sudah mempelajari dan mempersiapkannya selama setahun sebelum assessment dilakukan,” tambah Fendy.

Dua Instrumen besar yang di hadirkan adalah Dokumen Evaluasi Diri (DED) dan Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS).

Meski program studi ini belum memiliki lulusan, LAMEMBA disebut memiliki pertimbangannya sendiri dalam menghadiahkan peringkat akreditasi tersebut.

Prodi dinilai telah menyediakan fasilitas yang layak untuk menunjang kualitas calon lulusannya.

Prodi Kewirausahaan FEB telah berkiprah dalam kerjasama internasional dengan berbagai pihak. Dua di antaranya adalah World Health Organizations (WHO) dan Monmounth Ocean Development Council (MODC). Kerja sama ini diimplementasikan dalam bidang penelitian.

Jumlah tenaga pengajar Doktor dan Lektor di Prodi ini juga sesuai dengan jumlah yang dikriteriakan. Demikian juga dengan sitasi dosen yang cukup bisa dibanggakan.

“Semoga dengan akreditasi ini, dapat turut menjadikan FEB UTS semakin memiliki tempat di hati masyarakat,” kata Diah Anggraeni Hasri, S.Si., M.Sc., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS.

Kata Diah, Akreditasi Baik Sekali bukan sekedar label peringkat melainkan cerminan kualitas yang dimiliki FEB UTS.* (GR)