Program Studi Bisnis Digital FEB UTS Sandang Akreditasi Baik dari LAMEMBA

WhatsApp Image 2024-01-24 at 15.58.26

SUMBAWA, UTS – Program Studi (Prodi) Bisnis Digital (BD) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) raih peringkat Akreditasi Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (LAMEMBA).

Ketetapan ini dikeluarkan melalui Surat Keputusan Nomor 931/DE/A.5/AR.10/XII/2023. Akreditasi ini berlaku sejak 22 Desember 2023 hingga 22 Desember 2028.

“Ini suatu kebanggan bagi kami. Karena itu saya sangat berterima kasih atas usaha keras rekan-rekan di FEB yang turut lelah mendapatkan Akreditasi ini,” kata Tomi Dwi Cahyono, S.Kom., M.M., Ketua Program Studi Bisnis Digital FEB UTS, Rabu, (24/1/2024).

“Di samping itu, ini adalah beban tanggung jawab. Artinya Akreditasi Baik tidak boleh hanya sekedar peringkat, melainkan juga soal kualitas yang harus terus ditingkatkan,” sambungnya.

Selaras dengan Tomi, Dekan FEB UTS, Diah Anggeraini Hasri, S.Si., M.Sc. juga mengutarakan apresiasinya atas capaian ini.

“Saat surat keputusan ini kami terima. Kami semua sangat berbahagia. Bagaimanapun juga akreditasi adalah gelar kehormatan bagi Prodi. Lebih lagi ini jadi kebanggaan bagi lulusan-lulusan kami antinya,” kata perempuan yang kerap disapa Anggi itu.

Diketahui, Prodi Bisnis Digital menjalani Assessment lapangan pada 14-15 November 2023 lalu. Ada 9 indikator yang menjadi penilaian. Beberapa di antaranya adalah Kemahasiswaan, Penelitian, Keuangan, serta sarana dan prasarana. 

Tomi sendiri menilai Bisnis Digital FEB UTS memiliki kualitas baik yang cukup merata pada setiap Indikator yang ada.

Namun jelasnya, BD sangat unggul terkait  Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pengajar yang dimilikinya.

“Pengajar doktoral di kami itu lebih dari 50 persen. Itu sangat mencukupi untuk kebutuhan belajar mengajar di BD,” terang Tomi. 

Lebih lanjut ia juga menyebut Prodi Bisnis Digital sangat unggul dalam kerja sama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

MBKM merupakan program Kemdikbud Ristek meliputi Magang Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Preneurship, Pertukaran Pelajar, Bina Desa, Mengajar, Studi Independen dan lain sebagainya.

“Hampir semua program MBKM ini kami implementasikan di Bisnis Digital FEB UTS. Jadi kami cukup bangga, dan akan terus mengupayakan kemajuan-kemajuan lainnya,” tegas Tomi.*