Magang & Studi Independen Bersertifikat di PT GreatEdu Global Mahardika

WhatsApp Image 2024-01-08 at 10.04.11

 

Hallo nama saya Andini Khairunnisa Patiroi mahasiswa manajemen angkatan 2021 Universitas Teknologi Sumbawa, saya sedang mengikuti salah satu program MSIB dari Kampus Merdeka dan ini cerita saya selama mengikuti program Studi Independen di PT GreatEdu Global Mahardika

Magang Bersertifikat Kampus Merdeka atau biasa disingkat MSIB merupakan program magang yang dipercepat dengan pengalaman pembelajaran yang dirancang dengan baik. Studi Independen Kampus Merdeka merupakan pembelajaran di kelas yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi mitra/industri.

Saya lulus Studi Independen di PT GreatEdu Global Mahardika pada bidang Data Analyst. Ada beberapa rutinitas selama mengikuti program ini, yaitu yang pertama mengikuti pembelajaran pada hari senin sampai jumat dan mengikuti pendampingan pada hari sabtu dengan mentor yang berfungsi sebagai pendamping peserta selama mengikuti program ini. Rangkaian kegiatan yang dilakukan setiap hari adalah memulai pembelajaran pada pukul 08.00 – 10.00 WIB dan dilanjutkan pada pukul 13.00 – 15.00 WIB dan dilanjutkan kembali pada pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Pembelajaran ini dilakukan secara online dengan narasumber yang luar biasa, terkadang materi yang disampaikan bisa berupa video pembelajaran yang telah disediakan sebelumnya, rutinitas sebelum memulai kelas adalah mengisi absensi yang telah dikirimkan ke email peserta. Absensi ini wajib diisi sebelum kelas berakhir, kemudian dalam sesi penyampaian materi peserta wajib on cam bila situasi memungkinkan dan juga pada saat penyampaian materi peserta diperkenankan bertanya melalui kolom chat atau langsung mengaktifkan microphone, ketika pemateri selesai menyampaikan materi peserta diberikan waktu tambahan jika masih ada pertanyaan yang ingin ditanyakan, setelah kelas selesai hal yang harus dilakukan peserta adalah mengisi link feedback yang dibagikan setelah zoom meeting berakhir.

Setiap materi yang telah disampaikan peserta akan diberikan tugas berupa kuis yang harus diselesaikan oleh setiap peserta. Selain kuis, tugas juga dapat diberikan dalam bentuk studi kasus atau tugas praktik. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas adalah 2 hari. Inilah rankaian kegiatan rutin yang saya lakukan dari Senin hingga Jumat.

Selanjutnya rutinitas di hari Sabtu adalah mentoring. Dalam kegiatan mentoring, yang dilakukan mentor adalah mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mentee selama seminggu. Pertama mentor mengecek kehadiran mentee apakah sudah menghadiri pertemuan mentoring, selanjutnya mengecek logbook mentee apakah pada minggu ini mentee sudah mengisi logbook atau belum. Selanjutnya adalah mengecek apakah para mentee sudah menyelesaikan tugas dan memahami materi yang diterima selama seminggu jika ada yang belum di pahami oleh mentee, mentor akan membantu menjelaskan terkait beberapa hal yang belum di pahami.

Kegiatan selanjutnya yang saya ikuti adalah membuat final project, sesi materi hanya dilakukan selama 2 bulan dan dilanjutkan lagi dengan membuat final project, final project dikerjakan bersama teman kelompok. Tema yang diangkat pada final project ini adalah isu  lingkungan, kelompok saya mengambil tema penangkapan ikan, final project ini dibuat untuk menentukan jenis alat tangkap yang cocok untuk jenis ikan tertentu. Kelompok saya terdiri dari lima orang, dimana posisi setiap peserta akan berbeda-beda, dan saya berperan sebagai seorang visualisasi.

Kegiatan terakhir dalam mengikuti studi independen di PT GreatEdu Global Mahardika adalah wisuda, rangkaian acara dimulai dari pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan  oleh beberapa penanggung jawab PT GreatEdu Global Mahardika dan dilanjutkan dengan penyampaian nama-nama peserta yang telah lulus pada program studi mandiri di PT GreatEdu Global Mahardika. Yang paling ditunggu adalah pengumuman para pemenang hasil final project terbaik dan beberapa peserta yang mendapatkan hadiah istimewa karena aktif dan berkontribusi selama mengikuti program ini.

Itulah beberapa kegiatan rutin saya selama mengikuti kegiatan belajar mandiri di PT GreatEdu Global Mahardika. Saya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya selama program ini berlangsung. Ini cerita saya, mana  cerita kamu ?