BERTUKAR SEMENTARA, BERMAKNA SELAMANYA JARGON MAHASISWA NUSANTARA!!!

WhatsApp Image 2024-01-08 at 11.05.01

Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 adalah Program Flanship MBKM kampus merdeka yang diselenggarakan oleh Kementrian Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Dikti dengan menghimpun mahasiswa seluruh nusantara agar mendapatkan kesempatan belajar dan mengemban ilmu diluar pulau.

 

Pertukaran Mahasiswa Merdeka tentang mengeksplor dan mempelajari keberagaman budaya nusantara, berteman dengan mahasiswa diberbagai daerah dan berksempatan belajar di kampus lain di indonesia memberikan output besar pada mahasiswa dalam keluasan berfikir serta berkreasi.

 

Menjadi salah satu mahasiswa yang mendapatkan kesempatan mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka di Kampus tujuan yaitu Universitas Negeri Malang merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya salah satu mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa, Program Studi Ekonomi Pembangunan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sesuai dengan tujuan program, mahasiswa mendapatkan kesempatan belajar di kampus yang berbeda, pembimbingan dan sistem belajar yang berbeda, mengikuti berbagai public lecture dengan narasumber dari organisasi besar dan ternama adalah suatu tantangan bagi mahasiswa dalam program ini yang menuntut mahasiswa lebih berkembang, sekaligus disuatu pulau tujuan mahasiswa dapat mempelajari keberagaman budaya serta mengeksplor dengan cara mengunjungi dan mengobservasi suatu tempat atau objek lain yang memiliki keunikan, di pulau tujuan mahasiwa dibarengi dengan kebersamaan mahasiswa dari asal,suku,bahasa,agama dan kebiasaan yang berbeda bersama-sama belajar mengenali indonesia.

 

Program dengan jargon “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya” ini selalu di suarakkan oleh mahasiswa ketika melaksanakan kegiatan. Bukan tentang senang dan meriahnya suatu kegiatan tetapi tentang keberhasilan yang dicapai oleh pribadi maupun suatu kelompok serta dampak positif lain yang didapatkan, pelajaran akan pentingnya pancasila dan mencintai negeri indonesia agar tetap berseri, indah, dan berkualitas dimata dunia.

 

Sebagai mahasiswa yang aktif dalam program ini saya menjadi wakil kelompok Modul Nusantara serta mengembangkan kemampuan komunikasi dengan menjadi Master Ceremony disalah satu kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa inbound Universitas Negeri Malang yaitu PENSI PMM3 UM pada 26 Oktober 2023

 

Mahasiswa tidak boleh berdiam diri dan senang berada dalam zona nyaman carilah tantangan dan berikan kreasi, bentuk pemikiran dan pandangan yang berkualitas.

 

Jangan menunggu daun yang jatuh karena daun yang jatuh adalah daun kering yang sudah tidak mampu bertahan tapi memanjatlah dan ambil daun terbaikmu”

 

 

Halisa Safira, Ekonomi Pembangunan 5 januari 2024