UTS-Intership, Program MBKM salah satu, Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa mengikuti Magang di PT. Tarakan Elektrik Brother

WhatsApp Image 2024-01-02 at 13.30.09

Tarakan, Kalimantan Utara – UTS-Intership Merupakan salah satu Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang di laksanakan oleh salah satu Kampus Universitas Teknologi Sumbawa(UTS), Dengan adanya Program MBKM UTS-Intership, Para Mahasiswa bebas untuk memilih Program khusus yang sesuai dengan minat untuk menempuh karir di masa yang akan datang, Pada program UTS-Intership ini Seorang Mahasiswa akan terlibat di suatu Perusahaan atau lembaga Pemerintah untuk melakukan Magang/Praktik kerja, Penelitiaan, Edukasi Industri, Ataupun tentang Kewirausahaan yang di lakukan di tempat Instansi yang telah di pilih, Sesuai dengan kurikulum MBKM Mahasiswa diberikan waktu satu semester penuh untuk bekerjasama dengan Perusahaan ataupun lembaga Pemerintah yang telah dipilih untuk melakukan pekerjaan nyata yang selama ini tidak Mahasiswa dapatkan di bangku Kuliah seperti hal nya melakukan pengawasan pada sebuah proyek, Pertanggung jawaban pada sebuah pekerjaan, Ataupun menentukan kesepakatan harga antara Perusahaan dan klien nya

             Penulis dalam kegiatan ini berlangsung di PT. Tarakan Elektrik Brothers yang berlokasi di Jl. Batang Rt. 11 No. 99 Kampung I Skip, Tarakan, Tarakan Tengah, Kalimantan Utara, Dengan program MBKM ini nantinya Mahasiswa dapat pengetahuan mengenai bagaimana proses bekerja di Lapangan ataupun Kantor yang telah dipilih untuk melakukan pekerjaan nyata, Adapun metode pelaksanaan program Magang/Praktik Kerja Lapangan yaitu menggunakan Metode Project Based Learning metode pembelajaran ini mengarahkan kepada Mahasiswa untuk fokus pada seluruh tugas project yang di berikan oleh Perusahaan atau Kantor yang dipilih, Dalam kegiatan MBKM ini Mahasiswa akan mendapatkan beberapa pengetahuan tentang keterampilan dan teknologi yang nantinya akan sangat berguna di dalam Dunia Kerja di masa yang akan datang.

            Adapun penulis adalah seorang Mahasiswa semester 5 prodi Manajemen angkatan 2021, Dengan Nama lengkap Zulhafidsyah atau kerap disapa dengan Opik, Saat magang di PT. Tarakan Elektrik Brothers penulis sangat bangga dengan pengalaman yang ia dapatkan ssat magang di PT. Tarakan Elektrik Brothers, Diantara pengalaman yang ia dapatatkan di instansi nya ialah membuat surat menyurat kantor dan mengedit data Perusahaan.

Selain itu penulis juga sempat menjadi pengawas sekaligus dokumentasi pekerjaan lapangan. pada saat menjadi pengawas, Penulis mengawas di salah satu proyek yang di adakan oleh PT. PLN Persero Tarakan yaitu Pemindahan mesin travo PLN Tarakan untuk di pindahkan ke Kota Nunukan-Kalimantan Utara, Yang pada saat itu di karenakan mesin Travo PLN Nunukan mengalami kerusakan pada 2 unit mesin travo, Sehingga Kota Nunukan mengalami mati lampu yang bergiliran , dan pekerjaan pemindahan nya di lakukan oleh PT. Tarakan Elektrik Brothers yg menjadi bagian kontraktor proyek tersebut, Penulis sangat senang dengan mengikuti pekerjaan proyek tersebut. Bahkan sempat lembur sampai malam tiba, karena mengharuskan mendokumentasikan pekerjaan yang di kerjakan hingga malam hari, tapi si Penulis juga sangat senang mendapatkan pengalaman kerja yang nyata.

Setelah beberapa bulan mengikuti magang, Tak hanya sedikit pekerjaan yang penulis dapatkan di tempat magang, tapi karena itulah penulis yang kerap di sapa opik itu sangat bangga dengan pengalaman yang ia dapatkan sebagai Asisten kantor PT. Tarakan Elektrik Brothers.

Harapan nya Ilmu ini semoga sangat membantu sang penulis untuk menghadapi dunia kerja luar yang lebih nyata dan penuh dengan tantangan baru, seharus nya kita memang harus mempersiapkan segala pengalaman kita untuk masa depan yang lebih maju.

Penulis juga mengatakan bahwa Manajer di kantor nya pernah berkata ” Tak perlu banyak kata, kalo kamu ingin sukses, cukup lakukan yang terbaik di setiap pekerjaan, maka kamu akan menemukan hasil yang kamu inginkan, teruslah berusaha”  ujar Manajer saat itu di kantor nya.