Magang Bawaslu Provinsi NTB Menapaki Layanan Publik

WhatsApp Image 2024-01-02 at 16.08.27

MBKM Magang merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan, pengetahuan, dan sikap di dunia industri melalui pengalaman langsung dalam proyek atau permasalahan riil. Dalam pelaksanaan magang, mahasiswa dapat mengaplikasikan teori dan praktik di lapangan, meningkatkan pengalaman serta kompetensi, dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terkait kondisi lingkungan dunia kerja.

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menginisiasi kegiatan magang ini dengan durasi selama 10-14 minggu, di mana mahasiswa dapat berinteraksi di instansi atau mitra magang yang sudah bekerjasama atau belum bekerjasama dengan UTS. Pada kali ini, tiga mahasiswa MBKM UTS Internship, yaitu Alfarisdam, Nur Syafitri, dan Tita Putri Cahaya, yang berasal dari program studi Manajemen dan dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan yang berbeda-beda, mengikuti magang di Bawaslu Provinsi NTB Kota Mataram.

Melalui program ini, UTS berkomitmen untuk membentuk mahasiswa yang tidak hanya kompeten dalam bidang akademisi, tetapi juga terampil, disiplin, serta mampu menguasai dan memperluas keterampilan mereka di dunia kerja. Dalam perjalanan mencari pengalaman nyata dunia kerja.

Alfarisdam Dan Nur Syafitri di bagin devisi yang sama sedangkan Tita Putri Cahaya Di Bagian Devisi SDM, Namun walaupun devisi kami berbeda bukan berarti kami tidak bisa saling membantu di Bawaslu Provinsi NTB Terkadang kala devisi lain kekurangan SDM maka Kami Yang akan siap melengkapi untuk menjadi bagian dari bawaslu baik bantu dalam kepanitiaan dalam kegiatan membantu membuat masuknya surat Dan Lain-lain.

Dalam Pengalaman Magangnya di Bawaslu Provinsi NTB, Alfarisdam Tidak Hanya  Fokus Pada Kegiatan Di bagian Hukum Saja Melaikan Terlibat Dalam devisi Lainnya. Ia Terlibat Dalam Berbagai Tugas Seperti Pembuatan Laporan Perjalanan Dinas, mengsalin Nomor surat, Membantu dalam Proses Foto copy, Mengstempel perjalanan dinas , Mencetak Berkas, dan Mendokumentasikan atau merapikan arsip. Selain Itu saya terlibat dalam mengikuti rapat apapun yang di adakan Devisi Hukum sebagai panita.  selain itu saya terlibat juga ke dalam devisi pengawasn seperti mengikuti liputan, Serta Melakukan Mengiput data, Bersilahturahmi kepada Peserta pemilu yaitu partai politik,dan  Mengambil Dokumentasi Pimpinan.

Di Sisi lain, Nur Syafitri juga salah satu Teman devisi Hukum, yang bertugas tidak jauh beda dari alfarisdam Seperti , mengsalin Nomor surat, Membantu dalam Mengstempel surat perjalanan dinas, dan Mendokumentasikan atau merapikan arsip. Selain Itu saya pun terlibat dalam setiap kegiatan rapat yang di adakan Devisi Hukum dan penyelesaian sengketa dan saya bertugas sebagai panita.  Disetiap kegiatan rapat pun saya di tugaskan sebagai panitia yg membantu peserta untuk melakukan registrasi/ daftar hadirnya, dan terkadang saya juga di suruh menjadi notulen sekaligus mengambil dokumentasi hasil laporan selain itu saya pernah terlibat didalam devisi pengawasn seperti mengikuti liputan dan itu adalah hal baru yg saya dapatkan selama magang walaupun melakukan peliputan itu hanya 2 kali.

Adapun Rekan saya, Tita Putri Cahaya berbeda sendiri Devisi antara alfarisdamdan nur syafitri, Selama magang di Bawaslu Provinsi NTB banyak aktivitas yang saya dapatkan seperti pada Divisi Pengawasan dan Humas, yaitu pengawasan terhadap pelanggaran Pemilu, membuat konten edukasi tentang Pemilu, Ikut Meliput segala kegiatan Bawaslu Provinsi NTB salah satunya tentang Arahan KAPOLDA NTB Kepada BHABINKAMTIBMAS POLRES LOMBOK BARAT, Membantu merekap data Informasi Bawaslu Provinsi NTB. dan di Divisi SDM saya mendapatkan banyak tugas seperti Register Surat Masuk/Keluar, Membuat Surat Perjalanan Dinas, print SPPD dan SPT pimpinan serta staff bawaslu Provinsi maupun Kabupaten/Kota, 2 kali menjadi MC di kegiatan bawaslu Provinsi, ikut serta menjadi panitia kegiatan, menjadi dirigen dalam memandu nyanyian indonesia raya, serta menjadi notulensi dalam kegiatan tersebut, dan masih banyak kegiatan serta pengalaman baru yang saya dapatkan selama magang.

Ucapan terima kasih yang tulus kepada Bawaslu Provinsi NTB atas dukungan dan kerjasama yang luar biasa selama pelaksanaan Program UTS Internship Magang. Keterlibatan dan bimbingan yang berharga dari Bawaslu Provinsi NTB telah menjadi landasan kokoh untuk mengaplikasikan pengetahuan akademis di dunia kerja.

 

”Tak lupa, penghargaan setinggi-tingginy kepada Dosen Pembimbing Lapangan, Ibu Serli Oktapiani, SE selaku DPL dari Alfarisdam , Bapak Muhammad Nur Fietroh,S.E.,M.Sc selaku DPL dari Nur Syafitri dan Bapak Abdul Salam S.E.,M.M selaku DPL dari Tita Putri Cahaya yang dengan penuh dedikasi telah membimbing selama periode magang. Keberhasilan dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan kami tidak terlepas dari arahan dan dukungan dari Dosen Pembimbing Lapangan.

Dengan kerjasama yang solid antara Bawaslu Provinsi NTB, mentor magang, dan dosen pendamping lapangan, kami berhasil menyelsaikan Program UTS Internship dengan sangat baik.

 Dengan Melalui pengalaman magang ini, mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan praktis tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan manajerial yang penting di dunia kerja. Pengalaman ini diharapkan dapat memberikan bekal yang baik bagi Alfarisdam, Nur Syafitri, dan Tita Putri Cahaya dalam menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan.