KEGIATAN PROGRAM MBKM-MAGANG MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA Di BNN KABUPATEN SUMBAWA

WhatsApp Image 2024-01-04 at 10.02.28

Program MBKM atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai ilmu untuk bekal memasuki dunia kerja. Magang merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa pada suatu instansi, baik negeri maupun swasta. Sehingga mahasiswa akan antusias untuk mencari tempat magang yang sesuai dengan jurusannya sehingga setelah mereka lulus kuliah akan lebih mudah beradaptasi di tempat pekerjaannya.

            Magang MBKM dilaksanakan dengan cara individu dan kelompok mahasiswa yang akan mengikuti magang pada instansi yang sudah dipilih yaitu bersifat kesepakatan dengan pihak penyelenggara atau tempat Magang MBKM dilaksanakan, dalam hal ini Universitas Teknologi Sumbawa menjalin kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sumbawa.

            BNN Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu lembaga di daerah juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin melaksanakan magang. salah satu tujuan dari hal tersebut adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar mengetahui berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh BNN, tentu saja dalam batas-batas tertentu. Selain itu, kegiatan magang juga bermanfaat dalam rangka menjalin komunikasi dan sinergi dengan pihak kampus dalam hal P4GN. ” Tujuan saya magang di BNN Kabupaten Sumbawa adalah ingin mengetahui bagaimana cara BNN Kabupaten Sumbawa memberikan edukasi ke masyarakat agar tidak menyalahgunakan narkoba, selain itu saya juga ingin tahu apa saja yang dikerjakan BNN” ujar Yulia Puspita Dewi salah satu mahasiswa magang dari Universitas Universitas Teknologi Sumbawa jurusan Manajemen.

            Mahasiswa tersebut diberikan tugas di divisi umum. Dimana pada divisi umum itu saya Yulia Puspita Dewi membantu dalam surat menyurat,menginput laporan belanja ATK dan menginput data anggaran aktivitas kantor. Tidak hanya itu, Yulia Puspita Dewi juga sering mengikuti kegiatan di divisi P2M yang salah satunya menginput kuesioner ketahanan remaja terkait narkoba, dan mengikuti kegiatan sosialisasi P4GN ke Lembaga Pendidikan, Pemerintah, dan Masyarakat  yang ada di Kabupaten Sumbawa. Pada Divisi Rehab, Yulia Puspita Dewi juga diberikan tugas seperti Mendokumentasikan kegiatan assasement dan melayani dalam pembuatan SHKPN. Dari semua pekerjaan yang dilakukan Mahasiswa mampu menambah wawasan terkait kegiatan kegiatan di BNN Kabupaten Sumbawa.