KEGIATAN MAGANG MAHASISWA AKUNTANSI DI KANTOR BKAD SUMBAWA

WhatsApp Image 2024-01-02 at 16.41.13

Kegiatan magang merupakan  suatu kegiatan yang di laksanakan oleh mahasiswa di luar kampus untuk memperoleh pengalaman baru dan sebagai bekal  untuk  menghadapi dunia kerja nanti. Salah satu  magang yang penulis ikuti yaitu UTS Intership. Kegiatan magang sendiri di Prodi Akuntansi ini merupakan  mata kuliah wajib yang ada di  Semester 5.

            Mahasiswa di bentuk menjadi beberapa kelompok  dan dan di bebaskan dalam pemilihan  tempat magang  yang  di inginkan dengan  mengajukan  sebuah proposal ke Perusahaan  seperti magang di kantor  Bupati, Dinas Kesehatan, kantor BKAD dan lain-lain. Pada  kesempatan kali ini penulis akan membagikan  pengalaman magang di kantor BKAD Sumbawa yang dilaksanakan Selama kurang lebih 3 bulan (September – Desember). Kantor BKAD merupakan salah satu lembaga administrasi public yang bertugas menyelenggarakan  fungsi perumusan  kebijakan teknis di bidang pengelolaan  Keuangan dan Aset Daerah yaitu penganggaran,  Belanja, Akuntansi dan  Verifikasi serta Aset Daerah. Dalam  kegiatan ini 2 orang Mahasiswi yang sedang menjalan kan Program  Magang di kantor BKAD dan berasal dari jurusan yang sama yaitu Akuntansi, mereka di tempat kan  di Posisi dan bidang yang berbeda. Satu orang Mahasiswi yaitu Lenny Adekayanti  di tempatkan di Bidang Akuntansi dan pelaporan  (AKLAP) dan Rahmi Syalmiati  di tempatkan di Bidang Anggaran.

            Kantor BKAD Sumbawa ini Bertempat di Jln. Kebayan No. 2,Sumbawa besar. Kantor  BKAD memiliki beberapa bidang yaitu Bidang Akuntansi dan Pelaporan, Bidang Perbendaharaan, Bidang Aset dan  Bidang Anggaran.

 

         Dalam kegiatan magang ini penulis di tempatkan di bagian Akuntansi Pelaporan dan Anggaran adapun Kegiatan  di bagian Akuntansi dan pelaporan ini penulis di beri Tugas untuk mengapprove data belanja dan  Pendapatan ,  Pengarsipan berkas SP2D, Memvalidasi pendapatan pajak  dan  retribusi, memposting data pada akun fmis, Menyesuaikan  register STS dengan rekening Koran dll. Sedangkan  Pada Bagian  Anggaran Penulis bertugas mencatat surat masuk,Mengecek lembar Dokumen DPA dan RKPA, dan  beberapa  Dokumen  milik  Daerah.

            Selama  Magang 3 Bulan Penulis mendapatkan  banyak Pengalaman  kerja secara langsung dengan tujuan untuk meningkatkan Pemahaman atas Ilmu yang  di peroleh  dalam Perkuliahan dengan Praktek kerja Nyata. Walaupun ada sedikit kesulitan tidak membuat penulis untuk menyerah dalam belajar hal baru khususnya tentang akuntansi.