Kegiatan Magang Mahasiswa Akuntansi di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ende

WhatsApp Image 2024-01-03 at 16.56.34

Kegiatan magang merupakan  suatu kegiatan yang di laksanakan oleh mahasiswa di luar kampus untuk memperoleh pengalaman baru dan sebagai bekal  untuk  menghadapi dunia kerja nanti. Salah satu  magang yang penulis ikuti yaitu UTS Intership Kegiatan magang sendiri di Prodi Akuntansi ini merupakan  mata kuliah wajib yang ada di  Semester 5.

            Mahasiswa di bentuk menjadi beberapa kelompok dan di bebaskan dalam pemilihan  tempat magang  yang  di inginkan dengan  mengajukan  sebuah proposal ke Perusahaan  seperti magang di kantor  Bupati, Dinas Kesehatan, kantor BPKAD dan lain-lain. Pada  kesempatan kali ini penulis akan membagikan  pengalaman magang di kantor BPKAD Kab. Ende yang dilaksanakan Selama kurang lebih 4 bulan (September – Desember). Kantor BPKAD merupakan salah satu lembaga administrasi public yang bertugas menyelenggarakan  fungsi perumusan  kebijakan teknis di bidang pengelolaan  Keuangan dan Aset Daerah yaitu penganggaran,  Belanja, Akuntansi dan  Verifikasi serta Aset Daerah. Dalam  kegiatan ini Mahasiswi yang sedang menjalan kan Program  Magang di kantor BPKAD  Mahasiswa Atas nama Aida Amir dari  jurusan Akuntansi, di tempatkan di Bidang Akuntansi.

            Kantor BPKAD Kab.Ende ini Bertempat di Jl.El Tari,Ende  Kantor  BPKAD memiliki beberapa bidang yaitu Bidang Sekretariat,Bidang Akuntansi, Bidang Perbendaharaan, Bidang Aset dan  Bidang Anggaran.

 

            Dalam kegiatan magang ini penulis di tempatkan di bidang Akuntansi.adapun Kegiatan Selama Magang Meregistrasi Berkas SPP/SPM,Mengantar Berkas SPP/SPM Kebidang Perbendaharaan,Mengimput Saldo Awal,Merapikan Berkas SPJ GU,dan Melayani Setiap Pengantaran Berkas dari SKPD

            Selama  Magang 4 Bulan Penulis mendapatkan  banyak Pengalaman  kerja secara langsung dengan tujuan untuk meningkatkan Pemahaman atas Ilmu yang  di peroleh  dalam Perkuliahan dengan Praktek kerja Nyata. Walaupun ada sedikit kesulitan tidak membuat penulis untuk menyerah dalam belajar hal baru khususnya tentang akuntansi.