Transformasi Data untuk Masa Depan: Petualangan Akuntansi di Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Subang Melalui UTS Internship

WhatsApp Image 2024-01-03 at 15.08.09

Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) skema Magang di Universitas Teknologi Sumbawa merupakan bukti dedikasi kampus melalui mahasiswa dan dosen untuk bergerak menyukseskan pendidikan Nasional. Program UTS Internship dinilai sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengaktualisasi diri terhadap beberapa keahlian atau keterampilan baik softskill maupun hardskill yang sudah diperoleh selama perkuliahan, diterapkan di suatu perusahaan atau instansi selama 14 minggu terhitung sejak tanggal 18 September 2023 sampai dengan 29 Desember 2023. Saya, Fatiya Maliha Merupakan Mahasiswi Semester lima Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa yang saat ini telah menyelesaikan UTS Intership di Badan Pusat Statistik Kabupaten Subang yang ditempatkan di Sub-Bagian Umum dan dimentori langsung oleh Kepala Sub-Bagian Umum Bapak Cecep Muhram Mubarok, S.Si. MM dan diawasi secara online oleh dosen pembimbing lapangan dari kampus Bapak Reza Muhammad Rizqi, S.E., M.Ak.

Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintah Non-Kementrian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sebelumnya, BPS merupakan Biro Pusat Statistik, yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 1960 tentang Sensus dan UU Nomer 7 Tahun 1960 tentang Statistik. Sebagai pengganti kedua UU tersebut ditetapkan UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Berdasarkan UU ini yang ditindaklanjuti dengan peraturan perundangan dibawahnya, secara formal nama Biro Pusat Statistik diganti menjadi Badan Pusat Statistik dengan produk yang dihasilkan oleh Badan Pusat Statistik berupa pelayanan. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Subang sebagai salah satu instansi yang menjadi tempat berlangsungnya program UTS Internship mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa ini, terletak di Jl. Aipda KS Tubun No.12, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat Indonesia 41211

 

Menjalani program Internship di Badan Pusat Statistik menjadi perpaduan unik antara dunia akuntansi yang dipelajari di bangku kuliah dan realitas statistik yang memiliki peran sentral dalam pengumpulan, pengolahan, dan penyebarluasan data statistik di Indonesia. Menggabungkan akuntansi dengan statistik ternyata membawa saya pada dunia yang jauh lebih luas, tidak hanya belajar tentang angka dan formula, tetapi juga melibatkan interpretasi data statistik yang memberikan konteks lebih luas serta mengetahui tentang cerita yang tersembunyi di balik setiap data. Menyaksikan bagaimana analisis data statistik menjadi alat ampuh untuk meramalkan tren ekonomi, memberikan dasar bagi pemerintah dan bisnis untuk membuat kebijakan dan strategi yang lebih baik menyadarkan saya mengenai pentingnya data dalam pengambilan keputusan. Magang ini membantu saya memahami bahwa data bukan hanya sekedar angka, tetapi kunci untuk membuka potensi perubahan positif.

 

Berkesempatan untuk bekerja bersama dengan ahli statistik dan profesional lintas disiplin, mengenalkan saya pada kolaborasi tim yang menghasilkan solusi yang lebih holistik serta mempersiapkan saya untuk berkontribusi dan melangkah lebih jauh di dunia profesional. Saya berharap dapat membagikan pengalaman magang saya dan meyakinkan pembaca terhadap potensi luar biasa yang dimiliki oleh integrasi antara dunia akuntansi dan statistik. Terima kasih kepada Badan Pusat Statistik dan Universitas Teknologi Sumbawa yang telah memberi saya peluang untuk menjelajahi, belajar, dan tumbuh. Mari bersama-sama membangun masa depan yang didukung oleh wawasan mendalam, keterampilan, dan semangat untuk terus belajar.