Pengalaman Magang Salah Satu Mahasiswi Universitas Teknologi Sumbawa di Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Nunukan

WhatsApp Image 2024-01-02 at 15.42.17

Nunukan – MBKM merupakan salah satu kebijakan program yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) yang dimana program ini menggunakan system konversi nilai matakuliah untuk mengganti 20 sks dan dilaksanakan selama satu semester penuh. Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) ikut andil dalam program MBKM, salah satunya adalah UTS Intership. Proses pada praktik magang akan membuka suatu pemikiran baru dikarenakan teori yang didapatkan di jenjang Penguruan Tinggi akan diimplementasikan kedalam bentuk praktik di dunia kerja. Melalui program ini dapat mendorong mahasiswa/i agar memiliki pengalaman keterampilan, kesempatan sebelum memasuki dunia kerja dan sektor industry.

            Mardia mahasiswi semester lima Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas TeknologiSumbawa telah menyelesaikan magang di Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Nunukan yang bertempat dijalan P Antasari, Kec Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Magang telah dimulai pada tanggal 18 September 2023 hingga tanggal 27 Desember 2023.

            Dalam pelaksanaan magang di kantor DISBUDPORAPAR penulis ditempatkan pada bidang Pemasaran dan kemitraan Ekonomi Kreatif. Sebagian besar kegiatan magang dilaksanakan di kantor DISBUPORAPAR. Beberapa kegiatan maupun tugas yang telah dilakukan di kantor yaitu seperti membantu membuat laporan SPPD perjalanan,membantu mengetik laporan pengembangan revitalisasi,arsip surat masuk dan keluar,dll.

            Penulis juga mengikuti kegiatan Festival Paras Fest dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Nunukan ke – 24. Pada kegiatan ini terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh DISBUDPORAPAR seperti lomba karaoke, fashion show, desain membatik lulantatibu, pawai pembangunan dan kendaraan hias. Pada kesempatan kali ini penulis menjadi panitia pada kegiatan tersebut dan memiliki tugas pada saat pendaftaran, technical meeting hingga pelaksaan kegiatan dimulai. Penulis juga mengikuti kegiatan di luar kantor yang dapat bermanfaat dan menyenangkan. Kegiatan tersebut adalah pengambilan video promosi tempat wisata dan mengunjungi pelaku usaha yang berada di Pulau Sebatik. Pada kegiatan ini penulis dapat mengunjungi tempat wisata Rumah Perbatasan yang dimana rumah tersebut terdapat di dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia. Yang dimana ruang tamunya terletak di negara Indonesia dan dapur nya terletak di negara Malaysia. Tidak hanya itu penulis juga mengunjungi tugu perbatasan dan tempat wisata lainnya. Tidak hanya tempat wisata penulis juga berkunjung ke pelaku usaha untuk mendata serta melihat usaha yang dijalankan.

            Menjalani inteship sebagai bagian dari proses akademik yang dapat diharapkan menjadi bekal nanti. Terima kasih kepala kampus yang telah memberikan kesempatan belajar dan arahan, terima kasih kepada staf dan pegawai yang telah membimbing saya dengan sabar, saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Ir.Rukamn.R selaku kabid saya, selama magang di kantor ini. Terdapat pesan yang diberikan oleh Kabid Pemasaran dan Kemitraan Ekonomi Kreatif kepada penulis yaitu “tetap semangat untuk terus belajar dan memperjuangkan mimpi terus improve diri karena dengan kualitas, etika yang baik dan value yang tinggi kita akan selalu diterima dimana pun kita berada”.