Menggali Potensi Bisnis: Pengalaman Magang Mahasiswa Manajemen di Dunia UMKM Makanan Perusahaan PT. Kui Indo Fishskin, Bogor Melalui UTS Internship

WhatsApp Image 2024-01-03 at 14.51.12

Bogor – Program Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi salah satu cetusan penting bagi pendidikan Indonesia, khususnya pada lingkungan perguruan tinggi. Kegiatan MBKM sendiri memberikan dampak positif bagi mahasiswa seperti pengalaman yang relevan dengan dunia kerja. Tidak hanya menguasai bidang akademik, Program ini diinisiasi untuk memberikan kebebasan kepada mahasiswa dalam menentukan jalannya belajar, menggali potensi diri, serta merumuskan tujuan pendidikan yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Universitas Teknologi Sumbawa ikut andil dalam program ini yaitu dengan sistem konversi nilai mata kuliah untuk mengganti 20 sks. Program ini berjalan selama satu semester penuh.

            Humayrah Iffah Sabirah mahasiswi semester lima Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa telah menyelesaikan magang di perusahaan PT. Kui Indo fishskin yang merupakan salah satu perusahaan umkm makanan pengolah kulit ikan salmon, bertempat di gedung start up ipb center Babakan, Kota Bogor. Program magang tersebut dimulai dari bulan September hingga Desember. Pada program MBKM magang mandiri ini ia di tempatkan di bagian Marketing Development Agent (MDA), bergabung bersama tim untuk melakukan meriset mengenai produk perusahaan. PT. Kui Indo Fishskin mengolah kulit ikan salmon menjadi camilan dengan kandungan protein yang tinggi serta banyak kelebihan lain nya. Tugas humayrah dan tim adalah melakukan riset pasar untuk mencari kelebihan dan kekurangan dari produk kompetitor, mengikuti kegiatan exhibixion umkm, serta mendata produk. Sebagian besar magang di adakan di luar kantor, kantor hanya sebagai ruang untuk rapat mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan berikutnya.

            Terimkasih kepada CEO dan CMO PT. Kui Indo Fishskin serta Universitas Teknolodi Sumbawa yang telah memberikan kesempatan berharga ini. ‘Semoga ilmu and pengalamannya bisa berguna utk kedepannya ya, Sukses terus ya’ tutur kak fadhel selalu mentor penulis serta CMO perusahaan.