Melangkah Kedunia Profesional: Eksplorasi Magang di Balik Layar Sekretariat  DPRD Kabupaten Sumbawa

WhatsApp Image 2024-01-03 at 08.39.21

(Sumbawa,NTB) Program (MBKM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan landasan kebijakan pendidikan yang memberikan dukungan nyata terhadap pengembangan dunia pendidikan di tingkat kampus.

Implementasi kebijakan kampus yang mendukung pengembangan mahasiswa semakin terwujud melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menjadi salah satu kampus yang menerapkan program MBKM Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Dengan bobot sebesar 20 SKS, mahasiswa semester 5 wajib menyelesaikan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Salah satu program MBKM tersebut adalah (UTS Internship) atau yang dikenal dengan magang untuk memenuhi kriteria kelulusan, Topik dan judul magang dapat dipilih oleh mahasiswa, serta lokasi penyelesaian yang diinginkan. Hal ini dapat dilakukan di berbagai institusi termasuk perusahaan swasta, dan organisasi pemerintah atau non- pemerintah yang dilaksanakan selama 14 minggu dimulai dari tanggal 18 September 2023 sampai 29 Desember 2023.

Melalui program ini, mahasiswa dapat memfasilitasi kelancaran implementasi kerja teoritis (perkuliahan) dan praktis (dunia kerja) di zaman ke majuan kontemporer. Terlaksananya pekerjaan di masa depan dapat dipengaruhi oleh pengalaman yang diperoleh dalam kegiatan magang, karena mahasiswa dapat memanfaatkan dan mengasah kemampuan, kemandirian, seerta kepercayaan diri sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Salah satu mahasiswa magang Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Yuli Yandari berkesempatan magang di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa, beralamat di JL. Lintas Sumbawa – Bima KM 5 Sumbawa Besar.

Sekeretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) memiliki peran penting dalam pengaturan, pengawasan, dan perwakilan terkait dengan pelayanan publik di tingkat daerah serta menjadi saluran bagi masyarakat untuk  menyampaikan aspirasi, keluhan, atau saran terkait dengan pelayanan publik dan     masalah-masalah di tingkat daerah.

Selama kegiatan magang, Yuli Yandari memperoleh kesempatan yang diberikan oleh Sekretariat DRPD Kabupaten Sumbawa untuk ditempatkan di Bagian Program & Keuangan. Lebih tepatnya pada Sub Bagian Akuntansi & Pelaporan, memungkinkan pengalaman langsung dalam berbagai aspek administrasi pemerintah.

Yuli mengaku terlibat dalam sejumlah  kegiatan Sub Bagian Akuntansi & Pelaporan meliputi berbagai tugas pengadministrasian harian, seperti pemeriksaan dan pengelolaan berkas, pemindaian dokumen seperti kwitansi RESES dan SPJ Perjalanan Dinas, pembuatan surat resmi, pemeriksaan dan pengelompokkan  berkas, penginputan data, pelaporan pajak pegawai, serta pengantaran berkas-berkas kebagian terkait..

Namun, terdapat beberapa hambatan terkait dengan proses pengadministrasian yaitu system web yang terkadang error. Dilansir pada bulan September 2023 lalu, Yuli melakukan wawancara dengan Kepala Bagian Program & Keuangan, Bapak Usman SE., ME. Dalam wawancara tersebut, Bapak Usman menyampaikan bahwa terdapat beberapa kendala yang dihadapi, salah satunya adalah adanya kesulitan akibat kesalahan pada sistem web. Kendala ini ternyata menghambat kelancaran aktivitas pengadministrasian di Sekretariat DPRD Kabupaten Sumbawa.

Oleh karena itu, Yuli berharap Pemerintah baik Pusat dan Daerah perlu meningkatkan komponen-komponen pada aplikasi sistem  informasi  yang  berbasis  web,  sehingga  ketika  terdapat masalah  pada  penginputan  transaksi  pada  aplikasi,  dapat  diatasi  dengan  cepat  dan  sesuai dengan ketentuan yang berlaku baik dari sisi teknologi maupun regulasi (Merlyn Delly Rumondor,2023).

Dalam hal ini, dengan adanya program MBKM (UTS Internship), mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung yang membantu mereka mengetahui permasalahan serta merasakan transisi dari lingkungan perkuliahan ke dunia kerja. Dalam dunia kerja, tekanan dan tanggung jawab yang diberikan cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan masa perkuliahan. Oleh karena itu, melalui magang ini, mahasiswa dapat dilatih untuk menghadapi dan mengelola tekanan tersebut, serta mengetahui permasalahan yang mungkin timbul. Dengan demikian, diharapkan bahwa pengalaman ini dapat membantu mahasiswa mengembangkan ketangguhan mental, keterampilan manajemen waktu, dan kemampuan untuk mencari solusi permasalahan yang sangat berharga untuk meraih kesuksesan di dunia profesional.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada sekretariat DPRD Kabupaten Sumbawa atas dukungan dan bimbingannya yang luar biasa selama pelaksanaan program UTS Internship. Juga, rasa apresiasi yang tinggi kepada Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak Wirantake, M.Pd, selaku DPL Yuli Yandari, atas semua saran dan arahannya selama proses program magang, yang telah membantu saya berhasil menyelesaikan program ini dengan baik. Terima kasih banyak atas kerja sama dan arahan yang berharga”. Tutup Yuli