MBKM INTERSHIP 2023 DI PT. GERBANG NTB EMAS

WhatsApp Image 2024-01-03 at 08.14.35

MBKM Intership atau Magang MBKM merupakan program magang yang dapat dilakukan mahasiswa pada industri selama tiga bulan kurang lebih yang diakui setara dengan 20 sks. Program yang disediakan oleh Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) memiliki tujuan untuk meningkatkan pengalaman, memperluas wawasan, dan membentuk kompetensi mahasiswa. Dengan fokus ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan yang tinggi, menjunjung tinggi disiplin, serta menguasai dan memperluas keterampilan mereka.

    Saya Dwi Aulia Zaqiah mahasiswa semester lima prodi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis sedang melakukan program magang selama 14 minggu di PT. Gerbang NTB Emas ( PT. GNE) di kota Mataram. PT. GNE memiliki bisnis multi sektor. Semua bisnis ini dikelola oleh departemen yang berbeda dalam Perusahaan, yaitu manufaktur, penyediaan air regional, properti dan kontruksi, perdagangan umum dan agrobisnis. Magang yang saya jalani dari tanggal 18 september 2023 tersebut diberikan tanggung jawab di bagian divisi umum selama satu setengah bulan dan di alihkan ke bagian divisi purchasing dan logistik hingga akhir magang.

    Dibagian divisi umum saya melakukan tugas merekap atau mengarsipkan dokumen-dokumen yang ada dikantor hal ini bertujuan agar tetap terorganisir dan memudahkan pengelolaan sistem kantor. Di divisi umum juga bertindak sebagai penghubung antar bagian dalam organisasi. Tugas ini mencakup koordinasi kegiatan umum di seluruh perusahaan, memastikan kolaborasi yang efisien antar departemen. Seperti melibatkan komunikasi yang baik untuk memastikan bahwa informasi dan arahan diteruskan dengan benar, mendukung kerjasama yang efektif di seluruh organisasi.

    Saat saya di divisi bagian umum saya ikut serta dalam mengantarkan surat kerja sama di 9 kantor daerah yang ada di Lombok Barat dengan divisi Agrobisnis. Setelah pengiriman, evaluasi proses dilakukan untuk mengidentifikasi area perbaikan. Keseluruhan pengalaman ini tidak hanya tentang mengirim dokumen, tetapi juga menciptakan kesan profesional dan memastikan komunikasi bisnis yang efektif untuk membangun dasar kerja sama yang kuat dan saling percaya di dunia bisnis.

    Pengalaman yang saya dapat saat mengantar surat kerjasama sungguh melelahkan. Berjuang melakukan perjalanan dari pagi dan harus sampai ke kantor desanya sebelum tutup itu adalah hal yang luar biasa dan saya menjadi paham bahwa mencari kerjasama yang baik tidaklah mudah. Selesai sudah cerita bagian di divisi umum kini cerita bagian divisi purchasing dan logistik. 

    Di bagian divisi Purchasing dan Logistik merupakan kesempatan berharga bagi saya yang ingin memahami secara mendalam proses pengadaan dan pengelolaan barang serta layanan logistik dalam sebuah perusahaan. Divisi ini memiliki peran penting dalam menjaga ketersediaan produk atau layanan dengan biaya yang efisien.

    Divisi purchasing bertanggung jawab untuk mendapatkan produk dengan harga terbaik, menjalin hubungan dengan pemasok, serta memastikan ketersediaan material yang diperlukan. Sementara itu, divisi logistik memiliki peran penting dalam manajemen rantai pasok dengan mengatur distribusi barang, penyimpanan, dan transportasi dengan efisien. Kedua divisi ini bekerja secara sinergis untuk mencapai efektivitas biaya, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan.

    Pengalaman saya di divisi ini benar-benar membuat saya tau bahwa keberhasilan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan menjaga kualitasnya adalah bergantung pada kemampuan sinergi antara divisi purchasing dan logistik yang handal. Dalam menjalani intership ini merupakan suatu pengalaman berharga yang memberikan saya kesempatan untuk mengamati dan memahami dunia kerja yang sebenarnya. Terimakasih kepada kampus yang sudah memberikan arahan dan kesempatan belajar kepada saya untuk bekal nanti di masa depan, terima kasih terhadap mentor di perusahaan yang telah membimbing saya dengan baik selama saya menjalani magang 3 bulan lebih lamanya.