KEGIATAN MAGANG MBKM MAHASISWA/I UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA PRODI MANAJEMEN DI PT PEGADAIAN

WhatsApp Image 2024-01-02 at 17.20.00 (1)

Magang adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman kerja. Selain itu, magang memberi mahasiswa kesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang mereka pelajari selama kuliah. Tidak diragukan lagi, pengetahuan yang diperoleh mahasiswa selama kuliah tidak cukup jika tidak dikombinasikan dengan kemampuan praktis.Kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 adalah program magang MBKM, Kegiatan magang merdeka ini sesuai dengan tujuan yang dicanangkan oleh Kemendikbud yang mana dalam hal ini menginginkan pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas,kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian

 

dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil,interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri,tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya.Melalui program merdeka belajar yang dirancang dan diimplementasikan dengan baik,maka hard skill dan soft skill mahasiswa akan terbentuk dengan kuat. Program magang bersama kampus merdeka berlangsung selama 1 semester, dimana nantinya mahasiswa akan mendapatkan hard skill dan soft skill agar mahasiswa lebih mantap untuk memasuki dunia kerja dan karirnya, serta pada akhir magang mahasiswa akan mendapatkan sertifikat Magang Bersama Kampus Merdeka.

PT Pegadaian adalah anak usaha dari Bank Rakyat Indonesia yang terutama bergerak di bidang gadai. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, hingga akhir tahun 2022, perusahaan ini memiliki 12 unit kantor wilayah, 61 unit kantor area, 642 unit kantor cabang, dan 3.444 unit pelayanan yang tersebar di seantero Indonesia. Dengan hal ini,Universitas Teknologi Sumbawa ikut andil dalam menjlankan program MBKM 2023. Adapun program ini dikuti oleh banyak fakultas salah satunya Fakultas ekonomi dan Bisnis prodi manajmen sebanyak 3 orang di “PT PEGADAIAN” yang dimana pnempatan bagiannya Rini (Marketing Officer) serta Jerem Korina dan Nurul Hikmawati (Entry Data). Marketing Officer mempunyai tugas Membuat rencana dan program kegiatan pemasaran produk,Melakukan kegiatan Pemasaran di Instansi-Instansi yang ada di sumbawa. Sedangkan Entry Data mempunyai Tugas yaitu Menginput data nasabah dan barang yg digadaikan,Menginput data nasabah yangingin menebus,Membuat laporan surat kehilangan Kepolisian, serta menginput dan mencetak buku tabungan emas logam mulia.

Selama magang, kami mendapatkan banyak pengalaman yaitu :

  1. Meningkatkan relasi dalam lingkungan profesional

Dengan hal ini semakin banyak relasi dalamlingkungan maka lebih banyak kesempatan untuk belajar keahlian dalan suatu bidang,Mendapatkan mentor yang berpengalaman dan mendapatkan berbagaikesempatan besar lainnya seperti partner Bisnis.

 

  1. Belajar mengenai apa saja Produk-Produk dari Pegadaian

Karena salah satu tugas utama dalam menjalankan magang di PT Pegadaian adalah wajib mempelajari produkdari Pegadaian. Ntah itu tentang syarat ketentuan serta hal lainnya.

Dengan hal itu kami mampu menjelaskan kepada nasabahbaru atau prioritas

 

  1. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan

Dalam magang,mahasiswa akan belajar keterampilan yangtidak hanya terbatas pada pengetahuan akademik,tetapi juga keterampilan teknis dan interpersonal

 

  1. Melatih Tanggung Jawab

Dalam magang, mahasiswa akan memiliki tugas dan tanggung jawab tertentu yang harus mereka penuhi dalam batas waktu yang ditetapkan. Hal ini dapat membantu mahasiswa memperoleh keterampilan manajemen waktu dan tanggung jawab yang sangat berguna dalam dunia kerja.