Eksplorasi Kesektariatan: Pengalaman Magang di Dinas Koperisi dan UKM Provinsi NTB

WhatsApp Image 2024-01-03 at 13.25.24

Sumabwa-Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menyediakan program MBKM, salah satunya adalah UTS Intership atau kegiatan magang bagi mahasiswa agar bisa mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama perkuliahan di luar kelas. Program ini bertujuan menambah pengalaman, wawasan, dan membentuk kompetensi yang menghasilkan mahasiswa yang terampil, disiplin, menguasai dan memperluas skill yang ada pada diri mahasiswa.

Mardiya adalah seorang mahasiswa semester 5 prodi manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa, yang telah menyelesaikan magang di DISKOP (Dinas Koperasi dan UKM Prov. NTB Mataram). Kegiatan magang yang telah iya jalani berlangsung selama 69 hari kerja dimulai dari tanggal 18 September 2023 sampai tanggal 21 Desember 2023 yang dimana ditempatkan di bagian Sekretarian Bidang Umum. Magang di kantor Dinas Koperasi adalah salah satu pengalaman yang berharga bagi para mahasiswa atau fresh graduate yang ingin mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang dunia usaha dan koperasi. Selama magang, peserta magang akan memiliki kesempatan untuk belajar dari para pegawai yang berpengalaman dalam bidang koperasi khususnya di bidang umum, serta terlibat langsung dalam berbagai kegiatan.

 

Salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan dalam magang di kantor Dinas Koperasi adalah Menyalin data-data pegawai Dinas Koperasi, serta membantu di bagian surat menyurat baik memberi penomoran surat Nota Dinas serta mendesposisi surat masuk. Peserta magang juga di beri pekerjaan untuk menyalin data pegawai Dinas koperasi, baik berupa data keuangan, data anggota, maupun data lainnya yang relevan. Kemudian, peserta magang akan diajarkan cara menganalisis data tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Selama magang di kantor Dinas Koperasi, peserta magang juga akan memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di kantor dinas koperasi. Selain itu pemagang juga akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pegawai dari Bidang lain yang ada di kantir dinas kiperasi koperasi, serta melihat secara langsung bagaimana koperasi tersebut beroperasi. Hal ini akan memberikan peserta magang gambaran yang lebih nyata tentang tantangan dan peluang dalam dunia koperasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada tanggal 23 November 2023 kantor dinas koperasi ikut serta dalam perlombaan yang diadakan oleh Pemprov, yang dikoordinator oleh Bappenda, yang dimana ini adalah salah satu pengalaman yang bisa dirasakan oleh pemagang, kerena pemagang bisa ikut secara langsung kegiatan-kegiatan tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain itu kantor dinas koperasi juga mempunyai kegiatan yaitu kegiatan jumat salam setiapa hari jum, at yang didimana kegiatan ini berlangsung pada tanggal 17 November 2023 yang diadakan di diadakan Kota Mataram tepatnya di keluraha Punie. Kegiatan ini juga merupakan PJ Gubernur. Secara keseluruhan, magang di kantor Dinas Koperasi adalah pengalaman yang sangat bermanfaat bagi para peserta magang. karena mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dunia koperasi, serta keterampilan dan pengalaman yang dapat meningkatkan peluang pemagang di dunia kerja. Magang ini juga dapat membantu pemagang membangun jaringan dan hubungan yang berharga dengan para profesional di bidang koperasi

 

Menjalani Program Intership sebagai bagian dari Proses akademik menjadikan Peserta magang bisa mengenal dunia kerja yang sesungguhnya yang dimana dapat menjadi bekal untuk kefdepannya nanti. “Terimaksih saya Ucapkan kepada penyelenggara program MBKM ini yang sudah memberikan arahan dan kesempatan belajar, terimakasih juga saya ucapkan kepada Kepala Dinas Koperasi, terimaksih juga saya ucapkan kepada pegawai-pegawai Diskop Mataram khususny di bagian Umum, terimaksih juga saya ucapkan kepada Mentor saya sekaligus Kepala subbagian Umum tempat saya di tempatkan yang sudah banyak membantu selama prosese magang di kantor dinas koperasi.