PILMAPRES FEB 2023 Sebagai Ajang Apresiasi Prestasi Mahasiswa

WhatsApp Image 2023-03-31 at 14.14.00

Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Menindaklanjuti program dari Pusat Prestasi Nasional Kemenristekdikti, maka Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa menyelenggarakan Pilmapres tahun 2023. Pemenang pada tingkat Fakultas, selanjutnya akan mengikuti seleksi Pilmapres pada tingkat Universitas.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Pilmapres ini yaitu untuk a) meningkatkan jiwa kreativitas mahasiswa melalui kegiatan Intrakurikuler, kokurikuler dan ektrakulikuler; b) memberikan penghargaan serta apresiasi kepada mahasiswa berpestasi; c) serta meningkatkan gagasan serta ide kreatif mahasiswa yang membangun untuk fakultas maupun universitas.

Kegiatan dilaksnakan mulai dari diterbitkannya pengumuman serta sosialisasi Pilmapres pada akun Instagram Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawas pada 16 maret 2023. Sedangkan untuk pendaftarannya dibuka pada tanggal 16-21 Maret 2023 yang dilanjutkan dengan pengumpulan berkas serta seleksi administrasi.

Pada senin 27 Maret 2023 bertempat diruang Program Studi Ekonomi Pembangunan dilaksanakan seleksi tahap selanjutnya yaitu presentasi yang diikuti oleh 4 mahasiswa yaitu Meiriskika Tatia Nurseha, Tarisya Dwi Gita, Bineri, dan Baiq Endang Febrianti.

juri pada acara pilmapres tahun ini dihadiri oleh tiga dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu: 1) Rozzy Aprirachman, S.E., MDP; 2) Arya Zulfikar Akbar, S.E., M.Acc; 3) dan Wirentake, S.Pd., M.Pd dengan beberapa aspek peniliaian meliputi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa tiap semester, Karya Tulis Ilmiah, Prestasi/capaian unggul yang membanggakan disertai dengan bukti dokumen dan kemampuan berbahasa Inggris.

Dari hasil beberapa sesi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi terpilih Meiriskika Tatia Nurseha menjadi juara 1 dengan total nilai 73.425, Tarisya Dwi Gita meraih juara 2 dengan total nilai 53.95, Baiq Endang Febrianti menjadi Harapan 1 dengan total nilai 50.95, dan Bineri menjadi Harapan 2 dengan total nilai 52.425.

Dengan dilaksanakannya Pilmapres ditingkat Fakultas diharapkan dapat memberikan semangat kepada mahasiswa berprestasi serta dapat mendorong dan memacu mahasiswa lainnya untuk ikut mencetak prestasi ditingkat fakultas dan kemudian dapat melanjutkan Pilmapres ketingkat Universitas.