Gelar Digital Entrepreneurship Academy di UTS, BPSDMP Kominfo Surabaya Datangkan Praktisi Bisnis dan Akademisi

WhatsApp Image 2024-06-14 at 16.58.55

SUMBAWA, UTS – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian, Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya gelar Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Kegiatan ini adalah bagian dari implementasi kerjasama BPSDMP dengan UTS. Pelatihan itu digelar pada 13-14 Juni 2024 di Gedung Orange Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS.

Pada acara ini, 6 instruktur dari kalangan Praktisi dan Akademisi dihadirkan. Mereka adalah Dr. Eko Pamuji, M.I.Kom., Dr. Meithiana Indrasari, S.T., M.M., dan Ir. M. Adhi Prasnowo, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. Selain itu, ada juga Mohammad Rofiuddin, S.Kom., M.M., Mochamad Ismanu Roziqi, S.Pd., M.Kom., dan Eko Sugiono dari Dinas Koperasi.

“Ini adalah program Digital Talent Scholarship, yang didalamnya adalah DEA ini. Program tersebut merupakan program kementerian yang menyasar kalangan mahasiswa, UMKM, dan atau masyarakat umum yang ingin belajar, memulai, atau mengembangkan usahanya melalui jalur digital marketing,” Jelas Bagus Winarko, S.Kom., M.T., Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya saat diwawancarai, Jumat, (14/06/2024).

Pelatihan ini diadakan dengan menyajikan berbagai jenis materi Digital Marketing. Beberapa di antaranya adalah terkait branding, strategi copywriting, termasuk yang terbaru adalah terkait penggunaan Artificial Intelligence (AI).
“Jadi pemateri yang kita datangkan ini sudah berpengalaman puluhan tahun terkait materi yang disajikan. Bahkan, mereka adalah orang-orang yang sudah mengerti bentuk dan mitigasi kejahatan maya. Ini bisa menjadi bekal bagi semua peserta pelatihan dalam menjalankan bisnis,” terang Bagus.

“Ada sekitar 125 mahasiswa kita yang ikut. Tapi meskipun ini materinya terkait bisnis, pelatihan ini tidak terbatas di mahasiswa FEB UTS saja. Jadi dari fakultas-fakultas lain juga ada yang ikut. Kami berharap melalui pelatihan ini, kompetensi mahasiswa kita semakin meningkat terutama terkait ide dan teknis berbisnis,” kata Diah Anggeraini Hasri, S.Si., M.Sc., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UTS.

Digital Entrepreneurship Academy (DEA) ini dipandang sebagai pelatihan yang cukup bergengsi. Pasalnya, giat ini diselenggarakan langsung bersama BPSDMP yang notabene UPT dari Kemenkominfo RI. Karenanya, sertifikat yang dihasilkan memiliki poin yang tinggi dibandingkan pelatihan-pelatihan biasanya.

Sebelumnya DEA di buka dengan Kuliah Tamu bertema Optimizing Digital Literacy to Enhance Quality of Life in the Technological Era. Pembukaan ini berlangsung di Convention Hall UTS di hari pertama pelatihan.*

Press Release FEB UTS